Pages

Tuesday, March 25, 2014

Membidik Lensa RTH ( Taman Kota ) Muaralabuh

Oleh : Yufrizal
Staff Bappeda Solok Selatan

Setidaknya ada tiga atau empat kali saya berjanji menunggu di RTH ( Ruang Terbuka Hijau ) Muaralabuh, atau umumnya dikenal dengan Taman Kota Muaralabuh. Ruang Terbuka Hijau yang dibangun dilokasi Pasar Lama Muaralabuh berdasarkan perencanaan Tata Kota dalam dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW ) Kabupaten Solok Selatan Tahun 2011 – 2031. Artinya Taman Kota ini merupakan suatu icon yang menjadi tempat penandaan yang favorite untuk memudahkan pertemuan. Tentunya ini sangat membanggakan bagi kita masyarakat Solok Selatan. Orang langsung mengenal lokasi ini dengan tepat.

Yang kita bahas bukanlah tentang penandaan tempat tadi, tetapi lebih memfokuskan betapa berartinya suatu lokasi yang dibangun ditengah kota Muaralabuh yang memiliki banyak fungsi.

Memang, segala sesuatu tentunya tidak bisa instan, perlu tahap-tahap tertentu untuk menjadi sempurna. Katakanlah Taman Kota Muaralabuh ini masih  dalam tahap awal dan kita sudah selayaknya juga memberikan apresiasi agar dapat berkembang lebih baik. Ikut punya kontribusi sesuai porsi kita masing-masing.

Sepanjang pengamatan penulis yang termasuk sering check in via “Facebook” atau “Foursquare keberadaan Taman Kota ini sangat positif dimanfaatkan masyarakat tempat bermain, bersantai, berolah raga, belanja kuliner dan yang paling menyemangati adalah tempat online. Karena ditempat ini jaringan internet dari KPU/USO sangat baik, tak heran lagi anak-anak sekolahan dan mahasiswa sering nongrong sambil membawa laptop.

Suatu ketika saat menunggu anak yang sedang latihan tari saya juga telah menghabiskan waktu dengan menyelesaikan pekerjaan ngeblog, tanpa ada rasa bosan menunggu.

Taman Kota Muaralabuh yang terhampar di pusat kota Muaralabuh ini dengan menara ber air mancur, saat malam cukup mempesona. Apalagi jika ada event-event yang digelar disitu, masyarakat selalu ramai. Banyak pula pedagang yang menjual aneka kuliner serta mainan anak-anak.

Kita berharap nantinya Taman ini benar – benar merupakan Ruang Terbuka Hijau, dengan tanaman dan bunga-bungaan yang mekar, menyejukan udara. Menjadi tempat untuk membuang rasa lelah, tempat menemukan inspirasi juga bagi sang penyair.  

Mudah-mudahan keberadaan Taman Kota Muaralabuh ini terus berbenah  dan bermanfaat  kepada masyarakat. Semoga

Coretan di RTH Muaralabuh 22 Maret 2014

No comments:

Post a Comment