Pages

Tuesday, February 24, 2015

Jangan Lagi Menjual yang Mentah,,

Oleh : Drs. Yufrizal, MM
Solok Selatan

Setiap awal menggambarkan kabupaten Solok Selatan Propinsi Sumatera Barat tetap menyebutkan kabupaten baru yang memiliki potensi alam dan budaya yang sangat kaya. Terlepas dari itu, penulis menggambarkan Solok Selatan sebagai negeri yang nyaris sempurna, dengan suhu udara yang berimbang kok? Iya, di daerah ini bisa ditumbuhi oleh kelapa sawit dengan baik, dilain sisi juga tumbuh subur perkebunan teh dihamparan lembah gunung kerinci yang merupakan gunung berapi tertingi.

Nah, tentunya di daerah ini ada suhu udaranya yang begitu sejuk sampai ke air yang megalir sangat jernih dan sejuk dengan rangkaian air terjun yang begitu molek. Ada daerah yang udaranya cukup panas sehingga sangat baik untuk tanaman kepala sawit. Baik yang dikelola oleh beberapa perusahaan perkebunan maupun oleh masyarakat.

Berada di patahan semangka dengan aliran gunung berapi kerinci, solok selatan kaya dengan sumber air panas, sebagian telah dikelola sebagai pusat permandian. Sedangkan potensi panas bumi saat ini sedang proses ekploitasi oleh salah satu perusahaan.

Dengan kawasan hutan yang lebat, kawasan hutan lindung TNKS menyebabkan daerah ini kaya dengan sumber air dan sungai. Mengalirlah sungai-sungai besar diwilayah ini. Juga terdapat banyak jeram-jeram dan air terjun yang sudah sampai kisahnya ke manca Negara. Penerjunan kayak  tertinggi pernah diadakan di solok selatan oleh penerjun  asal  afrika selatan*), bahkan juga dilansir oleh media di Afrika Selatan **).

Selain untuk olah raga ekstrim kayak, sungai-sungai besar disini potensial untuk sumber energy PLTMH. Tetapi belum dikelola dengan maksimal dan belum begitu berdampak kepada kesejahteraan masyarakat sekitar.

Tak pelak lagi, pengolahan kayu juga dilakukan baik yang mengantongi izin maupun yang illegal, sehingga Solok Selatan juga mengalami masalah “Ilegal Loging”

Sepanjang aliran sungai besar tersebut tersimpanlah kandungan alam yang kaya, yaitu emas. Penambangan emas telah dilakukan sejak lama baik oleh perusahaan yang memiliki izin, masyarakat. Tetapi sampai saat ini Solok Selatan masih diliputi awan illegal minning” sehingga pernah diusung ke acara Indonesia Lawyer Club di TV One

Potensi alam lainnya berupa bahan galian biji besi, granit dan lainnya

Sejalan dengan trend batu akik dewasa ini, Solok Selatan gudangnya batu-batu Kristal terbaik, salah satunya  Lumut atau Giok Kandih, sudah populer karena batuan ini memiliki tingkat kekerasan yang tingi.

Bertolak belakang dengan gambaran potensi alam, perekonomian masyarakat masih berjalan lambat. Pendapatan Asli Daerah masih sangat rendah, secara komposisi masih dari sektor pajak dan retribusi. Pendapatan perkapita juga rendah.

Walau daerah ini juga kaya dengan hasil pertanian berupa padi, jagung, jeruk dan manggis. Tetapi secara kontribusi terhadap perkembangan income perkapita serta PAD masih rendah.

Pengamatan penulis saja, sektor-sektor potensial pendongkrak Income Per Kapita dan PAD itu perlu mendapat perhatian. Dan tentunya beberapa hal harus mendapat posisi untuk terus dibenahi :


  • Sudah saatnya kita lebih banyak memproduksi, menjual produk jadi bukan lagi menjual bahan mentah.
  • Perlu banyak regulasi dan ketetapan hukum yang pasti terhadap semua bentuk aktifitas pemanfaatan sumberdaya alam
  • Diperlukan pembinaan dan penumbuhkembangan serta keterjaminan usaha kecil dan menengah yang dikelola oleh masyarakat.
  • Diperlukan juga ada program pengandengan usaha/ mitra  kerakyatan oleh perusahaan-perusahaan yang ada ber investasi di Solok Selatan.
  • Pengembangan suatu program harus fokus, misalnya pengembangan pariwisata, dengan semua infrastruktur yang memadai, keterjaminan keselamatan dan kenyamanan.
  • Pemberdayaan perusahaan Daerah dengan pengawasan dan strategi yang mampu melirik pasar.
  • Pola penganggaran yang seimbang dengan dampak yang diharapkan, sehingga setiap infrastruktur yang dibangun memiliki impact yang dapat mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.
  •  Pelayanan perizinan dan investasi yang terkoordinir dan cepat akses
  • Pemanfaatan media seperti website daerah, website SKPD sebagai media informasi data dan program yang dapat diakses masyarakat, sehingga masyarakat sebagai yang dilayani merasa terlayani.


Memang tidak semua bisa berjalan ideal, setidaknya kita perlu terus berbenah. Di Pemerintahan jabatan telah ditempati oleh orang- orang yang berkualitas, yang mementingkan kepentingan rakyat.

Jangan hanya lengah dengan sebutan negeri seribu sungai, seribu rumah gadang, negeri ber –emas tetapi alangkah mulianya jika semua rahmat Allah untuk Solok Selatan yang Kaya mampu meningkatkan taraf hidup dan yang terpenting kualitas Sumberdaya Manusianya. Semoga..



No comments:

Post a Comment